cool hit counter

PWM Sulawesi Selatan - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Sulawesi Selatan
.: Home > Berita > Ketika Anwar Abbas Tak Siap Jadi Ketua

Homepage

Ketika Anwar Abbas Tak Siap Jadi Ketua

Selasa, 16-05-2017
Dibaca: 169

 

SUARA TERBANYAK. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas memberikan sambutan pada pembukaan Muspimwil Muhammadiyah Sulsel, di Gedung LPMP Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Jumat malam, 12 Mei 2017. Anwar meraih suara terbanyak pada pemilihan bakal calon Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, tetapi tak siap menjadi ketua.

---------

 

Ketika Anwar Abbas Tak Siap Jadi Ketua


Pemilihan pimpinan atau ketua biasanya identik dengan perebutan suara terbanyak, dan peraih suara terbanyak biasanya sudah menyiapkan diri menjadi pimpinan atau ketua, tetapi “tradisi” itu tidak berlaku di Muhammadiyah, dan juga tidak berlaku pada diri Anwar Abbas.

Nama Anwar Abbas memang tidak sepopuler Amien Rais, Din Syamsuddin, dan Haedar Nashir di kalangan Muhammadiyah, tapi pria asal Sumatera Barat itu sempat meraih suara terbanyak pada pemilihan bakal calon Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dosen Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah yang kini menjabat Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu meraih suara terbanyak dengan mendulang 151 suara, dengan mengungguli sejumlah tokoh Muhammadiyah lainnya yang lebih terkenal.

Sebutlah misalnya nama Prof Yunahar Ilyas (149 suara), Dr Busyro Muqoddas (145 suara), Prof Muhadjir Effendy (138 suara), Dr Haedar Nashir (137 suara), Prof Suyatno (137 suara), Prof Syafiq A Mughni (133 suara), Hajriyanto Y Thohari (122 suara), Prof Munir Mulkhan (90 suara), dan Prof Bambang Sudibyo (83 suara).

Ironisnya, Anwar Abbas malah kaget sendiri ketika mengetahui bahwa dirinya meraih suara terbanyak, dan lebih ironis lagi, pria kelahiran 15 Februari 1955 itu mengaku tidak siap menjadi ketua.
Itu terjadi pada Sidang Tanwir Muhammadiyah dan sehari menjelang pembukaan Muktamar ke-47 Muhammadiyah, di Kampus Unismuh Makassar, tahun 2015.

“Kota Makassar ini menjadi sejarah tersendiri bagi saya dan bagi Muhammadiyah. Saya peraih suara terbanyak yang tak siap jadi ketua, namun itu hanya di Tanwir, untung bukan di Muktamar,” ungkap Anwar sambil tersenyum pada pembukaan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) Muhammadiyah Sulsel, di Gedung LPMP Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Jumat malam, 12 Mei 2017.

Pengakuan Anwar itu pun spontan membuat peserta Muspimwil Muhammadiyah Sulsel tersenyum, termasuk Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse. (asnawin)


Tags: musyawarah pimpinan, tanwir muhammadiyah,
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: daerah, wilayah, sulawesi selatan,



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website