cool hit counter

PWM Sulawesi Selatan - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Sulawesi Selatan
.: Home > Berita > Ingin Terhindar Dari Fitnah, Pengelola Keuangan dan Administrator Muhammadiyah Ikuti Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persuratan PDM Gowa

Homepage

Ingin Terhindar Dari Fitnah, Pengelola Keuangan dan Administrator Muhammadiyah Ikuti Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persuratan PDM Gowa

Senin, 07-05-2012
Dibaca: 973

Sungguminasa - Bertempat di aula Pusat Dakwah Muhammadiyah Kab. Gowa Kota Sungguminasa, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Drs. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I., membuka secara resmi Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persuratan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Gowa, Ahad (6/5/2012). Dalam sambutannya, beliau menekankan betapa perlunya setiap warga Muhammadiyah untuk senantiasa memperbanyak membaca, meneliti dan menulis. Himbauan yang bersifat instruksi ini didasarkan pada perintah Allah Swt. dalam Al Qur'an yakni surah Al-Alaq ayat 1-5. "Dalam surah ini, Allah Swt. memerintahkan kita terutama para warga Muhammadiyah untuk banyak membaca -utamanya membaca Al Qur'an, membaca fenomena alam, membaca lingkungan kita dan membaca pedoman, aturan, qaidah yang telah ditetapkan oleh organisasi, meneliti -meneliti kandungan Al Qur'an, As Sunnah, kehidupan keseharian, dan menuliskan apa yang telah dibaca dan diteliti."pesan ustad Mawardi -biasa ia dipanggil.

 

"Implementasi perintah tersebut dalam Persyarikatan adalah bagaimana mengupayakan terciptanya tertib organisasi yang dimulai dari tertib organisasi. Dengan tertib administrasi, maka Insya Allah kita akan terhindar dari saling curiga mencurigai, saling tuding  yang berujung kepada saling fitnah di antara kita." tambah beliau di akhir sambutannya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari penuh ini disambut dengan antusias oleh warga Muhammadiyah di Butta Bersejarah ini terbukti dengan dihadirinya oleh seluruh utusan pimpinan majelis dan lembaga tingkat daerah, pimpinan Ortom tingkat Daerah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kab. Gowa, pimpinan amal usaha Muhammadiyah se-Kab. Gowa. Hadir membawakan materi yakni Bendahara PWM Sulsel, Prof. Dr. Gagaring Pagalung di bidang pengelolaan keuangan dan pelaporannya, dan Sekretaris PWM Sulsel, Drs. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I., di bidang pengelolaan administrasi persuratan didampingi oleh Kepala Bagian Umum dan Kerumahtanggaan Kantor PWM, Umar Sadik yang memaparkan teknis kode indeks surat organisasi dan implementasi KTAM Online dan Website Muhammadiyah yakni www.muhammadiyah.or.id dan www.radiomu.web.id.

 

Prof. Dr. Gagaring Pagalung dalam membawakan materinya menekankan perlunya dimulai metode akuntansi dalam pengelolaan keuangan Persyarikatan meskipun sifatnya masih sederhana. Intinya pada pencatatan dan adanya alat bukti dalam setiap transaksi keuangan. Disamping itu, pelaporan keuangan dan pembinaan dalam bentuk pemeriksaan keuangan seyogyanya dilaksanakan setiap tahun. Mengakhiri materinya beliau mengutip pesan K. H. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah yakni "Semua makhluk akan hancur kecuali mereka yang berilmu, mereka yang berilmu akan hancur kecuali mereka yang mengamalkan ilmunya, dan yang mengamalkan ilmunya pun akan hancur kecuali mereka yang ikhlas."

 

Disamping itu, tampil membawakan presentasi adalah dua bank mitra Muhammadiyah yakni Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. (ardi)

 

Berikut foto-foto kegiatan tersebut.

para peserta antusias mendengarkan pemaparan para pemateri

 

Ketua LPPK PWM Sulsel, Mursalim Sila turut menyimak materi

 

Ibu Aisyiyah tak mau ketinggalan


Sekretaris PWM dan Ketua LPPK PWM menyimak materi Bendahara PWM

 

Bendahara PWM, Prof. Gagaring Pagalung membawakan materi Pengelolaan Keuangan Persyarikatan

 

Sekretaris PWM, Drs. H. Mawardi Pewangi tampil membawakan materi Pengelolaan Administrasi Persuratan

 

Ketua LPPK PWM, Mursalim Sila memaparkan kebijakan pembinaan dan pengawasan keuangan Persyarikatan

 

Spanduk sekaligus screen berhiaskan media reklame Bank Syariah Mandiri yang merupakan sponsor acara

 

Pesan K. H. Ahmad Dahlan untuk menjadi renungan para warga Muhammadiyah

 


Tags: Gowa, Muhammadiyah, Keuangan, Ahmad Dahlan, Akuntansi
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Aktifitas PDM



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website